Selasa, 06 Maret 2012

apa ya perbedaan softskill dan hardskill?

Assalammualikum...

Apaan sih perbedaan softskill dan hardskill? apa hayo... ini loh perbedaannya, softskill adalah kemampuan non-akademis, sedangkang hardskill adalah kemampuan yang berbasis akademis, udah? yang kalo yang ngerti langsung sih udah, segitu aja cukup, gini deh, saya jelaskan lebih detil lagi, semoga anda mengerti.

perbedaan dari sof dan hard skill ga cuma di atas, ada banyak, tapi saya hanya menerangkan sedikit saja, kalau softskill adalah kemampuan dalam hal non-akademis, jadi bisa di mana aja kita mendapatkan kemampuan ini, dan tentunya di luar akademis, atau di luar jam belajar formal, dan softskill itu cara kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, softskill juga lebih di butuhkan di dunia kerja, tapi bukan berarti hardskill ga di butuhkan, walaupun memiliki banyak keterkaitan, kita tidak boleh menitik beratkan keinginan kita hanya pada satu skill saja, tidak bisa dan tidak akan berhasil, apabila anda belajar softskill, otomatis anda juga akan belajar hardskill, walaupun hanya sekilas, contohnya, pada saat anda di latih untuk menjadi sales, anda di latih softskill terus-menerus, namun tidak 100%, karena apa, menjadi sales tidak hanya pandai berbicara, namun juga harus punya pengetahuan umum tentang produk dan bahan-bahan yang ada di dalam kandungan produk.

di atas merupakan penjelasan softskill, nah sekarang hard skillnya nih, baru ketauan deh perbedaannya, kalau hardskill itu kemampuan yang berada dalam nauang akademis, dan hanya di dapat di dalam jam belajar, mengapa? karena hardskill merupakan kemampuan yang di pelajari secara susah payah, kok gitu sih? anda liat aja namanya, hard=sulit skill=kemampuan, ya secara kasarnya hardskill=kemampuan yang sulit, tapi memiliki arti berbeda-beda pada setiap individu, maksudnya kemampuan yang susah payah adalah, kita mendapatkan kemampuan ini dengan cara belajar, belajar apaan? hardskill kan? bukaaaan... tapi belajar secara formal, ya belajar ilmu pengetahuan umum, pengetahuan sosial, pengetahuan alam, dan lain-lain, kalau di dunia akademis hardskill lebih banyak di terapkan di banding softskill, tapi bukan berarti softskill ga di gunakan, di gunakan juga kok, tapi mungkin hanya sekitar 10%, kalau di dunia kerja, kita membutuhkan hardskill lebih sedikit sih, namun, pengaruhnya sangat besar terhadap softskill, contoh, yang tadinya pede banget mau presentasi atau wawancara di depan tipi, eh pas di tanya tentang seputar pengetahuan kita ga bisa, wah, habis lah kita, pede kita nurun derastis.

nah itu lah perbedaan soft dan hard skill, namun satu sama lain saling berikatan.

semoga berguna
wassalammualaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar