Selasa, 06 Maret 2012

apa keterkaitan hardskill dan softskill di dunia kuliah?

assalammualaikum...

wah ketemu lagi nih ama ane agan-agan dan agin-agin yang ga lebih ganteng dan cantik dari ane, (lho??)

Ada pertanyaan apa lagi nih gan??
apa sih keterkaitan softskill dan hardskill di dunia kuliah??
beeuuuuuuhhhhh.... banyak ntu mah gan, nih coba, kalo ente mau presentasi ente butuh ape? maksudnye, ente pake kemampuan ape? softskill kan? terus, kalo lagi belajar? yang pastinya hard skill kan?

Nah, gini, banyak ya keterkaitan hard dan softskill di dalam dunia kuliah, contohnya tadi di atas, mau presntasi pake kemampuan apa belajar pake kemampuan apa, ya pada dasarnya kita mempelajari softskill ya buat nilai kan yak? iya lah, yang punya 2 SKS di KRS ane gan.

okeh jgn becanda, serius mode on. gini, kan udah saya jelaskan di artikel saya sebelumnya, di dunia kerja aja sofskill dan hardskill saling keterkaitan walaupun memiliki perbedaan satu sama lain, apalagi di dunia kuliah? banyak keterkaitannya, ya walaupun ane ga tau semuanya gan, nah, keterkaitannya sebagai berikut:
- kita kalau di kelas belajar sserius buat dapet IP besar secara langsung kita menerapkan hardskill kita, untuk mengingat apa yang kita pelajari, untuk menyimpan dalam pikiran, dan menerapkan pelajaran yang kita pelajari melalui presentasi dengan menggunakan softskill yang kita dapatkan sebelumnya, atau yang sudah kita dapatkan dan terus kita modifikasi, ya seperti menggunakan kata-kata yang baik dan sopan, lalu menambahkan kosa kata yang menarik pendengar untuk memperhatikan kita.
- dalam dunia kuliah hardskill hanya menguasai kemampuan belajar sesuai dengan jurusan saja, ya seperti ilmu pengetahuan dia dalam jurusannya, teknologi, dan keterampilan dalam bidannya, sedangkan softskill dalam dunia kuliah itu mencangkup semuanya, termasuk hardskill bisa ada di dalam softskill.

jadi di antara soft dan hardskill ini ada benang halus yang tidak terlihat, sehingga kita tidak bisa menyadari, apakah dua kemampuan ini bisa saling bekerja sama, dan buktinya tentu bisa, dan saling berkaitan.

semoga berguna,
wassalammualaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar