Minggu, 18 Maret 2012

Motivasi.Semangat, dan Emosi bisa kah anda membedakannya??

Assalammualaikum..

kita bertemu lagi di artikel berikutnya...
kali ini saya akan membahas sesuatu yang berbeda.. dan saya dapat dari dosen Psikologi umum saya, di sini saya hanya share ilmu... semoga bermanfaat... selamat membaca...

apa yang anda ketahui tentang motivasi, semangat dan emosi?? dan apa mereka saling keterkaitan?? dan kita bisa gunakan dalam hal apa saja ketiga unsur tersebut??

1. apa yang anda ketahui tentang motivasi, semangat, dan emosi?/
pada dasarnya ketiga unsur ini berbeda.. tapi memiliki fungsi yang sama... untuk penyemangat hidup dan pemberi perisa rasa dalam hidup, namun ada sebagian orang yang menyamakan keduanya, sehingga, apa bila salah satu unsur sedang drop, unsur lain tidak bisa membantu karena drop semua, ya karena itu tadi, menyamakan ketiga unsur ini menjadi hal yang sama, motivasi ya motivasi, semangat ya semangat, emosi ya emosi. Motivasi berfungsi untuk pendorong kita untuk mendapatkan apa yang kita cita-citakan, semangat berfungsi untuk penarik kita untuk mendapatkan apa yang kita cita-citakan, dan emosi berfungsi untuk pemberi rasa dan pemberi batasan apa yang akan kita lakukan untuk meraih cita-cita.

2.apa mereka saling berkaitan??
ya jelas, seperti jawaban nomor 1, mereka saling berkaitan untuk memberika dorongan, tarikan, dan batasan, pada dasarnya memang motivasi lah yang sangat berperan penting dari ketiga unsur itu, apa bila motivasi tidak memberikan respon pada stimulus yang kita dapatkan, maka, buat apa ada motivasi di dalam hidup kita?? dengan adanya motivasi untuk mencapai cita-cita, maka akan ada semangat untuk membantu motivasi untuk memberikan tarikan apabila kita sedang meraih cita-cita menuju puncak gunung, dan apabila tidak ada emosi kita tidak dapat mengekspresikan kegembiraan kita apabila telah sampai puncak dan apabila kita terpuruk. Kalau kita terjatuh dan terpuruk, otomatis, emosi lah yang menjadi faktor utama kita untuk terdiam terlalu lama di keterpurukan, namun semangat yang menarik kita dari keterpurukan, dan motivasi yang mendorong kita menuju hari baru untuk menggapai cita-cita.

3.kita dapat gunakan dalam hal apa saja ketiga unsur tersebut?
yang paling utama, dan paling sering kita gunakan ketiga unsur tersebut dalam hal menggapai cita-cita, bangkit dalam keterpurukan, dan mengadakan perubahan menuju pribadi yang lebih baik, ya... biasanya hanya ketiga hal tersebut, namun, sebenarnya masih ada yang kita bisa lakukan dengan ketiga unsur tersebut, semangat untuk membantu sesama, motivasinya apa? mengurangi beban sesama kita yang kurang mampu, emosi yang kita rasakan? kita senang bisa membantu, kita dapat merasakan kesusahan mereka, kita lebih bisa mengasihi sesama.

sekian share dari saya... sempga bisa di mengerti dan di terapkan... terima kasih..
wassalammualaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar